Kamis, 27 Februari 2014

KONTOUR KECEPATAN ALIRAN AIR DARI PIPA VERTIKAL MENUJU PIPA MIRING MELEWATI ELBOW

           Untuk mengetahui  kecepatan fluida mengalir didalam pipa kita menggunakan flow meter, dan hasilnya dapat dibaca  secara langsung pada alat tersebut dengan satuan liter/menit, ini adalah satuan debit, untuk merubah dalam satuan meter/detik maka tinggal membagi dengan luas penampang pipa yg dilalui, kelemahan metode ini tidak bias melihat distribusi kecepatan di tiap titik sepanjang pipa yg dilaluinya, untuk itu kita bisa menggunakan software yang telah disediakan….

               Dengan menggunakan pipa vertikal berdiameter dalam 36 mm, dilanjutkan dengan elbow 30o  dan terakhir melalui pipa miring dengan sudut kemiringan 300, menggunakan soft ware fluent 6.3, fluida menggunakan air yang mengalir keatas (pipa vertical) dengan kecepatan bervariasi mulai dari 0,3 m/s  ,   0,5 m/s  ,  0,7 m/s  ,  0,9 m/s dan 1,1 m/s . Kontur kecepatan  yang dihasilkan seperti gambar berikut:


                       Gambar 1. Kontur  kecepatan  aliran satu fase dengan kecepatan liquid 0,3 m/s


                    Gambar 2.  Kontur  kecepatan   aliran satu fase  dengan kecepatan liquid 0,5 m/s


                  Gambar 3.  Kontur  kecepatan   aliran satu fase  dengan kecepatan liquid 0,7 m/s


                  Gambar 4.  Kontur  kecepatan  aliran satu fase dengan kecepatan liquid 0,9 m/s


                 Gambar 5.  Kontur  kecepatan   aliran satu fase  dengan kecepatan liquid 1,1 m/s

            Dari hasil pemodelan CFD untuk  kontur kecepatan aliran air  seperti pada gambar  1 s/d  5,  pengaruh elbow terlihat pada distribusi kecepatan yang terjadi, dimana kecepatan maksimal sebelum elbow terjadi di tengah pipa, ketika melewati elbow terjadi perbedaan kecepatan yang signifikan, pada bagian dalam elbow kecepatan fluida berkurang, sementara pada bagian luar elbow kecepatan fluida bertambah, perbedaan kecepatan antara inner elbow dan outer elbow ini dipengaruhi pula oleh kecepatan air mengalir, semakin besar kecepatan air mengalir semakin besar pula perbedaan kecepatan antara inner elbow dan outer elbow. Kecepatan pada pipa miring awalnya masih terjadi perbedaan akibat pengaruh dari elbow, tetapi semakin menjauhi elbow, pengaruhnya semakin berkurang sehingga kecepatan berangsur angsur menjadi relative sama di seluruh penampang  pipa…………..
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: KONTOUR KECEPATAN ALIRAN AIR DARI PIPA VERTIKAL MENUJU PIPA MIRING MELEWATI ELBOW; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template oleh Blog SEO Ricky - Support eva fashion store