Sabtu, 22 Februari 2014

Pembesaran Mendadak

Analisa yang dilakukan terhadap fenomena pada aliran akan menentukan seberapa jauh perkembangan ipteks, mekanika fluida yang banyak membahas fenomena aliran di dalam pipa bisa menentukan karakteristik dari fluida yang mengalir dengan berbagai perlakuan yang dialami, semakin menarik karena cabang ilmu ini memiliki penerapan bidang teknik yang sangat luas.

Tanpa disadari setiat saat kita selalu berinteraksi dengan udara, bernafas juga merupakan aliran udara melalui saluran dengan perubahan bentuk penampang dan juga ukuran, tentu saja akan mengakibatkan perubahan perilaku yang diakibatkan oleh gaya gaya yang terjadi, sifat atau karakteristik aliran dipastikan ditunjukkan dengan cara yang berbeda oleh semua fluida yang mengalir dalam saluran tertutup……

Pada geometri pengecilan dan pembesaran penampang aliran seperti gambar pipa ini juga akan mempengaruhi udara yang mengalir didalamnya, inilah salah satu kerugian yang dialami oleh udara yang mengalir didalamnya, dengan menggunakan persamaan-persamaan kita bias menghitung seberapa besar kerugian yang terjadi, tapi tentunya menggelitik dalam benak kita kalau tidak bisa melihat secara langsung fenomena yang terjadi sehingga bias dikategorikan sebagai kerugian, apa yang terjadi disana?...


Untuk menjawab pertanyaan itu tentunya kita butuh mikroskop serba canggih untuk meneropong udara yang mengalir didalam pipa,…. Pertanyaan berikutnya apakah ada?.... 

Ketika udara dengan kecepatan 300 m/dt dialirkan dari sisi kiri pipa dengan diameter 16 mm dan panjang 50 mm pastinya akan berjalan enjoy aja, tidak mengalami gangguan yang berarti, tapi sesaat akan memasuki pengecilan penampang pastinya akan saling berebut untuk saling mendahului……… so pasti udara yang mengalir dipusat pipa akan menang masuk duluan.

ketika melewati pipa kecil dengan diameter 6 mm, kecepatan udara semakin besar…. Tentu saja karena penampangnya semakin kecil sementara debit udara tidak berubah….
Sesaat setelah meninggalkan pipa kecil dan masuk ke pipa lebih besar dengan diameter 14 mm tenyata pada bagian pusat pipa berangsur angsur kecepatanya berkurang, dampak lain yang ditimbulkan berupa aliran sekunder, terdeteksi ada aliran balik maupun aliran acak yang akan sangat kelihatan kalau kita lihat video….









Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Pembesaran Mendadak; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template oleh Blog SEO Ricky - Support eva fashion store